TERNAK AYAM PETELUR

"ayam-petelur" Ternak Ayam Petelur : Tentang Ayam Petelur cara ternak ayam petelur, cara beternak ayam petelur, ternak ayam petelur pemula, budidaya ayam petelur, usaha ternak ayam petelur
Telur ayam adalah salah satu sumber protein yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari, usaha bisnis telur ayam juga menjanjikan dan tingkat permintaan perharinya sangat tinggi. Telur ayam sangat praktis disajikan untuk menjadi lauk makan seperti dengan cara digoreng atau direbut saja sudah bisa dimakan. Tingginya tingkat permintaan kebutuhan telur adalah tantangan bagi peternakan peternakan ayam petelur dan para pelaku ternak ayam petelur sebagai penghasil untuk bisa menyuplai dan mencukupi kebutuhan tersebut.

Bagi yang baru tertarik dengan bisnis ternak ayam petelur, Anda juga bisa segera memulainya sekarang. Tetapi apakah Anda sudah mengerti tentang cara-cara pemeliharaan dan budidaya ayam petelur yang baik dan benar?. Fokus pada peluang usaha ternak ayam petelur sesuai ke tema yang sedang dibahas yaitu cara ternak ayam petelur. Menyiapkan sendiri sebuah sebuah peternakan ayam petelur bisa dilakukan dengan syarat memahami ilmu dan tata cara dalam budidaya ayam petelur ini.
Belajar Cara Ternak Ayam Petelur
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai memelihara ayam petelur, setidaknya kita harus punya bagian bagian pentingnya untuk melancarkan usaha bisnis ayam petelur tersebut.

Kandang Ayam Petelur

pembuatan kandang ayam petelur, bentuk kandang ayam petelur, gambar kandang ayam petelur, seputar kandang ayam petelur
Langkah awal dari budidaya ayam petelur tentu saja adalah mempersiapkan sebuah tempat yang akan dijadikan tempat ayam-ayam berada nantinya. Kita membutuhkan sebuah kandang untuk ayam ayam, jadi yang paling awal adalah siapkan terlebih dahulu kandang ayam petelur.
Sebuah kandang ayam petelur akan dilengkapi dengan berbagai hal pendukung yang dipakai untuk memudahkan segala aktifitas pemilik saat mengurusi dan untuk memanen telur telur ayam tersebut nanti.
Apa saja peralatan atau kelengkapan kandang ayam petelur yang perlu disiapkan? Karena usaha Anda ini berorientasi bisnis maka yang pasti Anda ingin keuntungan yang banyak dan besar dari usaha bisnis ayam petelur ini bukan? Jadi mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan adalah hal yang wajib di perhatikan.
Pembuatan kandang ayam yang bagus khusus untuk ayam petelur adalah memperhatikan agar memudahkan proses pengumpulan telur dan pembuangan kotoran. Dan jenis kandang yang paling cocok adalah kandang ayam dengan sistem panggung.
Untuk para peternak pemula dan dengan modal awal yang tidak besar maka pembuatan kandang ayam juga harus disesuaikan, cara tersebut contohnya adalah dengan membuat kandang ayam sendiri dengan menggunakan bahan bahan utama seperti bambu dan kayu. Bentuk kandang yang bisa dibuat kurang lebih seperti dibawah ini. Bisa hanya menggunakan satu tingkat saja atau beberapa tingkat. Kandang ayam jenis ini disebut Kandang Battery atau Kandang Batere.
Kandang Battery / Kandang Batere
pembuatan kandang ayam petelur
Kandang ayam jenis Battery ini adalah jenis kandang ayam yang sangat populer, jenis modern dari kandang battery / kandang batere dibuat dengan berbahan kawat. Desain kandang battery / kandang batere yang dibuat dengan sekat sekat kecil yang nantinya sebagai tempat ayam ayam tersebut berada.
Pembuatan kandang ayam berbentuk panggung dimaksudkan untuk mempermudah saat pemanenan atau pengambilan telur , karena telurnya tidak akan tercecer kemana-mana. Kandang battery / kandang batere dibuat dengn lantai yang melandai dengan sedikit kemiringan kearah depan dan berujung pada bagian depan (luar) kandang. Ini membuat telur ayam akan menggelinding dan berkumpul di depan dan memudahkan pemilik untuk memungutnya.
INTERMEZZO : Peluang Sukses Dari Beternak Kambing
Berbeda dengan ayam yang dibuatkan tempat terbuka dan bukan dalam kandang. Kemungkinan telurnya akan tersebar dan kadang juga tersembunyi. Dengan posisi lantai panggung miring beberapa derajat saja yang fungsinya mengalirkan telur telur yang telah keluar dan akan menggelinding pelan ke arah bawah dan keluar ke bagian penampung telur disebelah depan. Cara ternak ayam petelur sistem panggung ini saat ini sudah diterapkan secara modern lagi dengan diproduksinya kandang battery yang dibuat dari kawat, intinya sama tetapi cara ternak ayam cara ini jelas lebih butuh modal besar karena kandang kandang modern tersebut dijual dengan harga lumayan mahal dibanding cara ternak ayam biasa yang membangun kandang sendiri dari bambu.
Umumnya kandang panggung jenis battery / batere dibuat bertingkat maka posisi kandang yang diatas tidak boleh pas diatas kandang yang ada dibawahnya tetapi seperti sebuah tangga yang undakan berikutnya berada diujung undakan bawahnya. Ini dimaksudkan agar kotoran ayam tidak jatuh menimpa ayam ayam yang ada dibawahnya dan langsung jatuh kebawah yang biasanya sudah disiapkan dengan posisi tempat yang memudahkan untuk membersihkan kotoran kotoran ayam tersebut. Ayam ayam akan tetap bersih dan tentunya menjaga kesehatan ayam petelur dari penyakit karena kotoran mereka sendiri dan telur telurnya juga bersih. Peternak ayam petelur tidak terlalu direpotkan dengan melakukan pembersihan pada telur telur tersebut karena tidak terkena otoran ayam.
Berikut contoh bentuk kandang jadi dengan bentuk seperti rangka kandang panggung diatas.
contoh kandang ayam petelur
Perhatikan pada gambar atas dan bawah ini, pada bagian bawah adalah tempat makanan ayam petelur yang berbentuk setengah lingkaran dan memanjang sepanjang kandang, di sebelah atasnya adalah tempat minum untuk ayam tersebut, posisinya berada di jangkauan ayam dalam posisi kepala tegak untuk minum dan untuk makanan agak dibawah sehingga ayam ayam akan makan dengan posisi seperti membungkuk.
Posisi tempat air minum diletakkan diatas dimaksudkan agar air tidak terkotori oleh makanan ayam, jika makanan posisi diatas maka saat makan makanan yang lepas dari mulut ayam akan terjatuh ke bawah dan mengotori air minum ayam tersebut.
kandang ayam petelur panggung

Persiapan Bibit Ayam Petelur

bibit ayam petelur unggul, memilih bibit ayam petelur, jenis jenis ayam petelur unggul, mengenal ayam petelur unggul

Untuk yang sudah lama menjalankan usaha, mereka mengenal ada dua macam bibit ayam petelur yang dibudidayakan. Yang pertama ayam jenis gemuk dan berat atau disebut ayam Medium dan ayam jenis kedua adalah ayam petelur putih. Beberapa jenis ayam petelur bisa memenuhi produksi telur hingga 300 butir pertahunnya.
Ayam jenis Putih memiliki bobot yang ringan karena bentuk badannya lebih kurus atau ramping, sebagai jenis ayam petelur tentu saja ia mampu menghasilkan telur yang cukup banyak tetapi sayangnya ayam jenis ini sensitif dengan keributan. Ia mudah kaget dan stress sehingga produksinya telurnya kemudian akan menurun. Contoh ayam petelur putih adalah ayam Leghorn
leghorn jenis ayam petelur putih
Ayam jenis Medium lebih bandel, selain badannya yang gemuk berisi ia juga memproduksi telur dalam jumlah yang banyak.
ayam medium untuk bisnis ayam petelur
Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih jenis ayam petelur ini? Jika ingin bisnis ayam petelur Anda maju maka memilih jenis ayamnya pun harus dilakukan dengan pintar. Tentu yang diinginkan adalah jenis ayam yang mampu memproduksi telur dengan tingkat yang tinggi. Ada beberapa jenis ayam yang mampu bertelur hingga 300an butir dalam satu tahun, ayam ayam jenis inilah yang bisa dipilih tetapi ada faktor faktor lain yang tidak kalah penting.
Berikut adalah beberapa point pentingnya:
Pilihkan ayam petelur yang sehat dan tidak memiliki cacat fisik
Jika memelihara dari kecil maka pilih yang pertumbuhan dan perkembangan normal
Gunakan ayam petelur yang berasal dari bibit yang unggul artinya dari jenis jenis yang bagus dan produktif serta tahan penyakit
Itulah tulisan seputar ternak ayam petelur… semoga bermanfaat untuk pembaca blog ini yang sedang mencari informasi. Baca juga artikel-artikel seputar ayam petelur di halaman khusus ayam petelur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARA AHLI MOTIVATOR MENGATAKAN BAHAWA ORNG SUKSES SELALU MENCARI JALAN, SEDANGKAN ORANG GAGAL SELALU MENCARI ALASAN

Disiplin Kerja Pegawai Oleh: Muhammad Agus Muljanto, S.E., M.Si.